Senin, 06 April 2015

Cara Membuat Micro Sim Sendiri - Muhammad Hermawan

SIMCard atau Kartu SIM (Subscriber Identity Module) adalah sebuah kartu pintar berukuran kecil yang melengkapi telepon genggam yang berfungsi menyimpan kunci pengenal jasa telekomunikasi. Tanpa adanya kartu SIM maka sebuah telpon genggam baik itu fiture phone maupun smartphone tidak dapat digunakan untuk melakukan layanan SMS, Panggilan suara, dan layanan data. #:-s
SIMCard yang beredar di pasaran ada macam-macam,  antara lain: SIM Card, MiniSIM Card, MicroSIM Card, dan NanoSIM Card. Namun yang sekarang sering kita jumpai adalah jenis miniSIM Card. 
Belakangan telah banyak produk smartphone yang menggunakan atau memiliki slot micro SIM, sedangkan jenis micro SIM masih jarang ditemui.
Cara Mudah Memotong MicroSIM Card Sendiri
Macam-macam SIM Card
Jika kita membeli sebuah smartphone yang hanya memiliki slot micro SIM, biasanya pihak penjual akan menawarkan jasa pemotongan SIM Card menjadi Micro SIM. Namun, walau begitu tak ada salahnya kalau kita mencoba mengetahui bagaimana sebenarnya membuat micro SIM sendiri dengan mudah. Hal ini akan sangat berguna jika sobat ada yang ingin membuka counter seluler baru. Lalu bagaimana caranya? 
Simak ulasannya berikut ini.
Pertama-tama yang harus kita ketahui adalah berapa sebenarnya ukuran microSIM. Untuk lebih jelasnya dapat kita lihat gambar di bawah ini:
Cara Mudah Memotong MicroSIM Card Sendiri
Ukuran MicroSIM Card
Dari penampang gambar terlihat berapa ukuran panjang sisi-sinya, dimana sisi kiri berukuran 15mm (1.5 cm), sisi kanan 12mm (1.2 cm), sisi bawah 12mm (1.2 cm), dan sisi atas 9mm (0.9 cm). Selain itu ada sisi miring yang memiliki ukuran panjang 3mm (0.3 cm).
Lantas kita harus menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan:
  • Sebuah SIM Card
  • Cutter/gunting
  • Penggaris
  • Pensil atau Pena

Cara Mudah Memotong MicroSIM Card Sendiri
Pola Potongan MicroSIM Card
Proses pemotongan
Perhatikan gambar pola potongan di atas, dari ukuran SIMCard agar menjadi ukuran microSIM Card, garis putus-putus yang terlihat menunjukkan tanda yang nantinya akan dipotong.
  • Siapkan penggaris, ukur mulai dari sisi kiri dan sisi bawah, masing-masing sepanjang 1mm keluar dari chip logam, lalu garis dengan pensil.
  • Dari kedua garis yang didapat ukur kembali dengan mengambil awal dari sudut kiri bawah pertemuan garis, yaitu ke kanan sepanjang 12mm dan ke atas sepanjang 15mm.
  • Kemudian lengkapi membuat garis pada sisi atas dan sisi kanan.
  • Pada pertemuan dua garis di sudut kanan atas, ukur sepanjang 3mm ke kiri dan ke bawah lalu buat garis miring antara kedua titik tersebut.
  • Setelah pola jadi, potong dengan cutter atau gunting. 
Nah itu adalah cara - caranya membuat Micro Sim, Gampang kan? ;)

Kunjungi juga: (y)
  1. Soal Bioteknologi Kelas IX
  2. Episode Misteri Spongebob Squarepants 
  3. Cara Membuat Blog 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar